TIPS MENGECEK KENDARAN
Kendaraan merupakan salah satu faktor utama penyebab kecelakaan. Untuk menghindari terlibat
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiD3dGT4_3Zukqy_rdab52-IwRFuqNvOYXFX6i11X9B_KX5EOTckn2Y2tFFOuN4UZL_3d2fEr6cw_A9Z5PzuJbg7Ex-gqDYTRjgnK_NKLnPz2gPuS2WWcTuXUxIhGQhL5Szk_UKDBYkHjN7/s320/honda-fireblade-gp.jpg)
dalam kecelakaan akibat terjadinya masalah pada kendaraan harus dilakukan pengecekan kendaraan terlebih dahulu sebelum digunakan.
Untuk kendaraan roda 2, dilakukan pengecekan pada :
Bahan bakar, sesuaikan dengan rencana perjalanan
Minyak pelumas, sesuaikan dengan anjuran buku perawatan sepeda motor. Gunakan pengukur ketinggian oli yang biasanya merupakan tutup bak oli
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKMaCwcielhJ7WVwCepe8toEVXieISgH0Hbn_FdQcaBHeMk-FTaC26q31mSb5qtZ2p3UkpriQx3BTEch5vxbP_rOJdokpamtqo5CCDOgqKizFoknrD1CDGENjJin4-KA0My-4NIJODvbCL/s320/IMG_0022640x480.jpg)
Blok Mesin, periksa di seluruh blok mesin apakah terdapat kebocoran oli. Biasanya ditandai dengan debu yang menempel pada oli yang bocor.
Rantai, sesuaikan kekencangan rantai. Terlalu kendor akan menyebabkan rantai mudah terlepas
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEho6cmtv7zLW0cNnsfldhsaUldEx0JZqi4wg8N1PiIYx2Y7ZbvJmxRSJ61rIDbUJOgIHtlUGpDpG9f_VXQAdG7vMHO5EcBkMWtNWvKK64mGjqHNtIS51AsoG-KVKZzk2b1wGOH8smJ9uhWE/s320/4700setel-rantai-gt-1.jpg)
dan bila terlalu kencang akan mengurangi umur dari ranti.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi55J78mNY1Dk-JH5eDH2WBhfXWXRNeOQdA09nM_WCIvJjyylqZvHEB4DcJ0XyQlX4v_5FKTATerZCJv1VNBeKcba9CG6vXffFzOtH2KgLuAGAwe205bK-DQtNV1okHSJUv7BWSHDVPBGba/s320/TIREz-GAUG-lg.jpg)
Ban, periksa tekanan angin, alur ban dan kotoran-kotoran yang dapat mengganggu kinerja ban.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgriOwArxUe_jxCY5fa4GMAiezBYerr1YKvXn818RrH6Vl20d3WvqZlAO-b9TIQyJa0wdGJ2kjYiDE5drdRQb3OnzwIpvI9CsCxEk0THGKOPYoN28ahqr9xe6Nsxz9s-Uylr0JPeLnemdcF/s320/Resize-of-Rem-depan-ditarik.jpg)
Pengereman, periksa fungsi, jarak main bebas rem depan dan belakang.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizBUxHeH2q6acjdDhBlSG0cIJSjWbFJoQQsBZXIiW_v5_kxzeE8duzdTphS5sHOr7z7S9vdOm1f9Ftop-O6KtIloBf5Szy-ZjP0iuwci72QdGQNAS__9yaRCgjEfG-KVom2Tb9s87eNdb7/s320/handle-kopling-satria-fu.jpg)
Kopling, periksa funsi kopling, jarak main bebas dan karat di kabel gas. Karat akan berpotensi menyebabkan kabel kopling putus.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibK3md4S9viflX7InSR6H1fmNXHAB8uMtNtvmmuQ91TdLU5SX19IT1C7-UCLweoN_UcBa9Z3ZWIW5mRAZxVmHLvbSEPVrJpisMJ7uWpy5Eylv8FXvY-HCO7E0GOj9j6tcSlCA45Sw_qeAc/s320/lampu-motor-stabil.jpg)
Kelistrikan, periksa semua fungsi lampu-lampu dan klakson
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZbtWP0ROJ_gyBwPtnzulI8TNAf9X3d1Wiv-4gRh_tNVe7ZEisrSkF0689YRh23K9EoBgVcLYnrAZzIhqE9cVJq0-ZiA_pmhV7qIWnGyT13PypjJDDpVcDqrM1zl_K6LQqMHRtGdYzgGQt/s320/100_0057.jpg)
Kaca spion, posisikan agar 1/3 dari spion terlihat badan kita dan sisanya adalah kondisi di belakang kita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar